BALAI BESAR POM DI BANDUNG MELAKSANAKAN GELAR SOSIALISASI KEAMANAN PANGAN JAJANAN ANAK USIA SEKOLAH DALAM RANGKA PROGRAM NASIONAL TAHUN ANGGARAN 2021 SECARA DARING
15 September 2021 12:07
Berita Aktual

Pada tanggal 8-9 September 2021, BBPOM di Bandung telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) di Bandung dan Kota Tasikmalaya secara daring (zoom meeting). Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah merupakan salah satu tahap dalam rangkaian intervensi PJAS yang merupakan salah satu program nasional kegiatan pemberdayaan masyarakat di Badan POM.

Tujuan diadakannya Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah adalah menjamin keamanan pangan yang  dikonsumsi anak usia sekolah serta memastikan anak usia sekolah khususnya, dan  komunitas sekolah umumnya, memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku keamanan yang  baik sehingga dapat melindungi dirinya dari pangan yang tidak aman yang membahayakan  kesehatan.

Pelaksanaan sosialisasi ini dilaksanakan dalam waktu 2 hari dan diikuti 217 peserta gabungan guru, siswa, pengelola kantin dan komite sekolah dari 155 sekolah di 5 Kabupaten/Kota di Jawa Barat yaitu Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran. Perwakilan lintas sektor yang hadir  diantaranya dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

Acara dibuka oleh Koordinator Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi Balai Besar POM di Bandung, Rusiana. Pada kegiatan ini, narasumber BBPOM di Bandung dan Loka POM di Kota Tasikmalaya yakni Koordinator Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi,  Rusiana, Kepala Loka POM di Kota Tasikmalaya Jajat Setia Permana, beserta petugas PFM Madya, Hendraningrum dan Dwi Hotnauli Tambun yang  memberikan pemahaman kepada lintas sektor dan pihak sekolah tentang “Mengenal dan Memilih Pangan Aman” serta “Tips Konsumsi Pangan Aman dengan Memperhatikan Informasi Nilai Gizi dan Cek KLIK” .

Meskipun dilakukan secara daring, hal itu tidak menurunkan semangat dan antusiasme peserta dalam mengikuti rangkaian acara. Baik lintas sektor maupun pihak sekolah berperan aktif dengan mengajukan pertanyaan dan memberikan masukan terkait program keamanan PJAS ini.