INTENSIFIKASI PEMBENTUKAN INSPEKTUR KOSMETIK JUNIOR BBPOM di BANDUNG
28 Agustus 2021 16:27
Berita Aktual

Badan POM merupakan lembaga yang berwenang dalam melakukan pengawasan di bidang kosmetika untuk melindungi masyarakat Indonesia dari kosmetika yang berbahaya. Selain itu Badan POM juga perlu mendukung produsen kosmetika agar bisa memproduksi kosmetika yang sesuai ketentuan CPKB dan mempunyai daya saing.

Oleh karena itu pada tanggal 24-27 Agustus 2021 BBPOM DI Bandung mengadakan Bimtek Internal Inspektur Kosmetik Junior yang dilaksanakan secara daring. Para peserta yang mengikuti Bimtek ini berasal dari BBPOM Bandung, Loka POM Kabupaten Bogor dan Loka POM Kota Tasikmalaya yang nantinya akan turun ke lapangan untuk memeriksa sarana produksi dan distribusi kosmetik. Kurikulum bimtek ini telah sesuai dengan Kurikulum Kompetensi Inspektur CPKB yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pengawasan Kosmetika.

Hadir sebagai narasumber Direktur Pengawasan Kosmetika Badan POM, Bapak Drs. Arustiyono Apt, MPH beserta tim yang memaparkan materi terkait Kebijakan Pengawasan Kosmetik, Implementasi Regulasi yang Berkaitan dengan Kosmetika hingga Pola Tindak Lanjut Pelanggaran di Bidang Kosmetik.

Selain itu, BBPOM di Bandung juga menghadirkan Narasumber Tim Ahli CPKB yang memaparkan materi tentang Sanitasi dan Higiene serta Dokumentasi yang merupakan aspek CPKB yang harus dipenuhi oleh industrI kosmetik golongan B.

Acara Bimtek Internal dibuka oleh Koordinator Kelompok Substansi Pemeriksaan BBPOM di Bandung. Dalam arahannya, Bapak Endang Yaya, S.Si., Apt mengharapkan dengan adanya kegiatan pembentukan inspektur kosmetika junior ini, kebutuhan Balai Besar POM di Bandung, Loka POM Kab Bogor dan Loka POM di Tasikmalaya akan inspektur kosmetik dapat terpenuhi dan kegiatan pengawasan dapat dilakukan secara optimal.

Kegiatan ini dilakukan selama 4 hari, terdiri atas pemaparan materi oleh para narasumber, diskusi studi kasus serta presentasi tiap-tiap kelompok terkait studi kasus. Walaupun bimtek dilakukan secara daring tetapi tidak mengurangi semangat dan antusias peserta dari awal kegiatan hingga akhir acara.